INDONESIA SELECTION vs L.A GALAXY 0-1 : Awal Yang Baik Menghadapi Tantangan Kedepan.

Kampoe Toloe – 1 Desember 2011 (00.15 Wita).

Kesempatan langka mendapatkan pelajaran berharga dari pemain Bintang dunia diperoleh pemain Timnas senior & U23 yang tergabung dalam Indonesia Selection, setelah L.A Galaxy Klub yang baru saja menjadi kampiun Piala MLS 2011 datang ke Ibukota dalam rangkaian Asia Pacific Tour 2011 ke 3 Negara yaitu Indonesia, Filipina dan Australia. Bruce Pelatih L.A Galaksi memboyong pemain-pemain bintangnya seperti David Beckham, Robbie Keane dan Landon Donovan untuk menggelorakan Stadion Gelora Bung Karno dengan aksi cantiknya menandakan keseriusan L.A Galaxy dalam memanfaatkan Tour ini.

Tepat tanggal 30 November 2011 sekitar pukul 20.00 WIB, Beckham dkk membuat penonton di GBK bergemuruh sejak awal memasuki lapangan pertandingan. Berbeda jauh di sisi postur tidak begitu menjadi masalah bagi tim Indonesia Selection, terbukti sejak Kick-off babak pertama dimulai tim Indonesia Selection melancarkan serangan yang cukup cepat, aksi pemain mungil Andik Firmansyah yang juga tampil agresif kala memperkuat Timnas U-23 di Sea Games XXVI berkali-kali merepotkan sisi kiri pertahanan L.A Galaxy, hasil kerja samanya dengan pemain naturalisasi Greg Nwokolo Yang diproyeksi memperkuat Timnas Senior di laga Pra Piala Dunia 2014 beberapa lolos dari kawalan, namun tidak dapat dimanfaatkan menjadi gol akibat rapatnya sisi tengah pertahanan L.A Galaxy, bahkan sampai memaksa melakukan pelanggaran keras terhadap Andik Firmansyah.


Meski tampil lebih santai dan rileks, L.A Galaksi juga melakukan serangan yang cukup berbahaya, akan tetapi mampu diredam oleh pertahanan Indonesia Selection yang dikawal oleh Victor Igbonefo yang baru dinaturalisasi serta Hamka Hamzah, Julkifli dan Diego. Dipertengahan babak pertama akhirnya Indonesia Selection dibawah komando kapten Firman Utina harus menerima kebobolan setelah Robbie Keane membobol gawang Indonesia Selection dengan sentuhan cantik kaki kanannya, meski berbalas saling menyerang, skor 0-1 untuk LA. Galaxy tidak berubah sampai peluit tanda babak pertama berakhir ditiup.

Ekspresi Gol Robbie Keane yang membuat L.A Galaxy unggul 1-0

Memasuki babak kedua, kedua tim tetap saling melakukan serangan. Pelatih Indonesia Selection Rahmat Darmawan mencoba mengubah pola permainan dengan memasukan dominan pemain dari Timnas U-23 yang sudah teruji di Sea Games, seperti Dirga yang mengantikan Firman Utina, Hasim Kipuw menggantikan Julkifli dan juga Gunawan Dwi Cahyo. Tak ketinggalan pemain-pemain andalan Timnas Seniorpun mendapatkan kesempatan main di babak kedua, Coach RD memasukan Bambang Pamungkas, Ahmad Bustomi dan M. Ilham untuk menambah daya dobrak lini depan.

Peluang L.A Galaxy kembali tercipta kala David Beckham memperlihatkan keahliannya dalam mengeksekusi tendangan bebas, akan tetapi kebanyakan menyamping dan melambung dari gawang dan ditambah penampilan cekat dari penjaga gawang Kurnia Meiga yang masuk di babak kedua. Indonesia Selection pun mendapat peluang-peluang emas, di menit ’65 kerja sama M.Ilham dan BP hampir membuahkan gol jika tidak cepat bek L.A Galaxy menghalau bola dan juga kala Bambang Pamungkas menunjukkan kemampuannya dalam mengeksekusi tendangan bebas di Menit 79, namun masih tipis disamping kiri gawang.

Ahmad Bustomi juga hampir membuat gol ketika kemelut didepan gawang yang berawal dari tendangan sudut Okto Maniani, bola ribon langsung disambar Ahmad Bustomi, namun lagi-lagi menyamping tipis di sisi kiri gawang.
Keadaan suhu cuaca terlihat begitu tidak bersahabat dengan pemain L.A Galaxy.

Pada menit ke 84 David Beckham ditarik keluar dan digantikan oleh Kent, penggemar Beckham memberikan apresiasi kepada Beckham mengiringinya keluar lapangan.

Sampai ditiupnya peluit tanda berakhirnya babak kedua, skor 0-1 untuk kemenangan L.A Galaxy tetap bertahan. Moment tukar kostum tidak disia-siakan oleh kedua tim, dan pada saat Beckham diwawancara, Andik Firmansyah menyempatkan bertukar kostum dengan idolanya David Beckham yang selama pertandingan sering berbenturan dan berjibaku, moment tersebut membuat penonton bersorak memberikan apresiasi terhadap kedua pemain tersebut.

Bambang Pamungkas dalam wawancaranya mengatakan Kedepannya Indonesia masih sangat membutuhkan Laga Internasional selevel ini sehingga memperbanyak pelajaran yang membantu peningkatan permainan Timnas Indonesia.

Bravo Timnas Indonesia..!!!

Oleh : Mun Marley

About kampoetoloe

Penghuni Kampo Tolo ( Radio Permai )..Sebuah Komplek Perkampungan Baru yang Terletak depan Puskesmas Asakota Bima, Biasa dipanggil Mun Marley, Seorang Mahasiswa STKIP Bima Angkatan 2008 Prodi Sosiologi A

Posted on 30 November 2011, in Olah Raga. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: