Benarkah Faktor Ekonomi adalah Faktor Penting Yang Menunjang Kemajuan Organisasi ?

Kali ini kita akan membahas secara singkat tentang keterkaitan sisi Ekonomi dengan keberlangsungan sisi pekerjaan lainnya dalam suatu Organisasi.

Tanpa harus dijelaskan secara Etimologi dan Terminologi makna Ekonomi, kita bersama mengetahui bahwa berbicara Ekonomi adalah berbicara pemenuhan kebutuhan, akan tetapi kita akan khususkan dan sederhanakan sesuai dengan kebutuhan Ekonomi dalam suatu Organisasi.

Manajemen Ekonomi dalam umumnya Organisasi adalah Pengaturan pengeluaran dan pemasukan dana, maka dengan itu kita memadukan sisi / faktor lain dalam pekerjaan Organisasi sehingga dapat membantu memperlancar / mempermudah pemasukan dana.

Pemahaman setiap anggota Organisasi terhadap kegunaan dan fungsi atas kewajiban menunuaikan memasukan Dana iuran sangat perlu diperhatikan, karena seruan umum mewajibkan anggota membayar iuran Organisasi tanpa adanya seruan khusus lewat pengidiologisasian fungsi Ekonomi akan sulit tercapai kesadaran, inisiatif dan kedisiplinan menunaikan kewajiban membayar iuran organisasi.

Dalam sejarah perkembangan Masyarakat Dunia dari dulu hingga sekarang tidak terlepas dari konflik ekonomi yang memicu masyarakat melakukan usaha apapun dalam memenuhi kebutuhan ekonomi demi mempertahankan hidup. Begitupun Organisasi, apalagi organisasi yang menggunakan ekonomi mandiri ( independent ) sangat memerlukan kelancaran pemasukan dana demi keberlangsungan organisasi, dengan artian bahwa selain kewajiban secara individu membayar iuran, juga ada tekhnis pelaksanaan ekonomi mandiri dengan memanfaatkan potensi dan kreativitas anggota sehingga aliran pemasukan dana bertambah. Program ekonomi mandiri memang sangat diperlukan bagi organisasi yang mengandalkan aliran dana dari iuran anggota untuk menambah kekurangan dana.

Kesimpulan pembahasan singkat diatas adalah bahwa setiap pekerjaan organisasi memerlukan penunjangan secara ekonomi dalam hal pendanaan, karena kemajuan jaman mengharuskan peran dana menjadi sangat penting dalam menikmati, mengakses informasi yang dibutuhkan oleh organisasi, sehingga membantu penguatan kualitas dan kuantitas anggota organisasi.

Tulisan ini dapat teman-teman tambah di kolom komentar agar tulisan ini lebih lengkap lagi.

Semoga bermanfaat dan Terima kasih

Penulis : Mun Marley

About kampoetoloe

Penghuni Kampo Tolo ( Radio Permai )..Sebuah Komplek Perkampungan Baru yang Terletak depan Puskesmas Asakota Bima, Biasa dipanggil Mun Marley, Seorang Mahasiswa STKIP Bima Angkatan 2008 Prodi Sosiologi A

Posted on 29 November 2011, in Teori. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: