Cara menyembunyikan file atau folder menggunakan Command Prompt

Menyembunyikan file dan folder ada beragam cara yang dapat dilakukan. Standart yang sering dilakukan oleh user adalah dengan cara merubah attribute file dan folder tersebut menjadi hidden file. Caranya adalah Klik kanan file atau folder tersebut kemudian pilih properties. Selanjutnya beri tanda centang pada opsi Hidden pada pilihan Attributes. Setelah itu atur pengaturan do not show hidden files and folder pada Folder Options. Maka file atau folder anda sudah tidak kelihatan lagi pada jendela windows explorer.

Cara lain adalah dengan menggunakan bantuan sebuah software untuk mengunci drive, folder atau file tertentu seperti Software hide folders atau usb safeguard atau software-software yang lain masih banyak sekali. Biasanya dengan menggunakan software tersebut user harus memasukkan password tertentu untuk dapat menyembunyikan dan melindungi file dan folder yag dimaksud.

Cara yang lain untuk menyembunyikan file dan folder adalah dengan menggunakan perintah Command Prompt. Dengan cara menyembunyikan file menggunakan command prompt ini, file dan folder akan benar-benar disembunyikan dan hanya akan bisa ditampilkan kembali dengan menggunakan perintah Command Prompt walaupun dicoba dengan menampilkan show hidden file and folder pada pengaturan folder options. Tertarik untuk mencobanya ? … silahkan diikuti caranya dibawah ini :

1. Tekan combinasi tombol Window + R untuk membuka jendela Run, kemudian ketik cmd dan tekan enter
2. Jendela command Prompt telah terbuka, ketikkan “attrib +s +h D:/folder anda” tanpa tanda petik, kemudian tekan enter. (Catatan : D adalah nama drive tempat folder berada, folder anda adalah nama folder yang akan dihidden. Misalnya nama folder : download berada pada drive E, maka yang diketik adalah attrib +s +h E:/download)
3. Jika anda telah membuka jendela explorer, tutup terlebih dahulu windows explorer anda kemudian buka kembali windows explorer, maka folder download tidak akan nampak kembali meskipun pengaturan show hidden file folder diaktifkan.

hide file dan folder dengan cmd

Untuk menampilkan kembali file atau folder yang dihidden, ubah perintah + menjadi -, sehingga perintahnya berubah menjadi “attrib -s -h D:/folder anda” tanpa tanda petik kemudian tekan enter.

About these ads

About kampoetoloe

Penghuni Kampo Tolo ( Radio Permai )..Sebuah Komplek Perkampungan Baru yang Terletak depan Puskesmas Asakota Bima, Biasa dipanggil Mun Marley, Seorang Mahasiswa STKIP Bima Angkatan 2008 Prodi Sosiologi A

Posted on 19 Februari 2012, in Tips. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: